Friday, February 4, 2011


Rawatlah gigi mulai dari sekarang

Kita semua pasti pernah merasakan sakit gigi. Jika kita sakit gigi, semua pekerjaan terganggu, emosi kita pun tidak menentu. Sakit gigi banyak penyebabnya, diantaranya jarang menyikat gigi, setelah makan atau minum panas langsung minum atau makan makanan yang dingin, gigi berlubang, dan lain-lain..

Banyak penyakit yang asal muasalnya disebabkan kerusakan pada gigi. Misalnya sakit jantung (endokarditis), sakit mata (iritis) dan lainya, sumber infeksi bisa berasal dari kerusakan gigi dan jaringan sekitar gigi yang bakteri atau kumannya masuk kedalam pembuluh darah, sehingga dapat menimbulkan gejala penyakit tersebut. Selain itu, banyak penyakit lainya yang bisa menyebabkan kerusakan pada gigi. Sebagai contoh pada penderita Diabetes Melitus (kencing manis) sering terlihat adanya gigi yang goyang dan gusi yang sering berdarah atau bernanah.

Untuk menghindari penyakit pada gigi, sebaiknya kita melakukan pencegahan. Karena pencegahan itu lebih baik dari pada mengobati. Pencegahanya sangatlah mudah. Sikatlah gigi sesudah sarapan pagi dan malam sebelum tidur, gunanya agar sisa makanan yang menempel di gigi tidak berkembang dan pergunakan sikat gigi yang lembut agar gusi tidak terluka. Kurangi ngemil dan makanan berlemak, terlalu sering ngemil akan meningkatkan kadar asam dalam mulut meningkat.Bila ingin makan sesuatu yang manis, pilihlah permen karet yang tak mengandung gula. Mengunyah akan meningkatkan produksi air liur yang secara alami membersihkan mulut dan menetralisir keasaman. Dan rutin periksa gigi minimal enam bulan sekali ke Dokter gigi, periksa gigi tidak harus kita pergi ke tempat prakter dokter gigi, di puskesmas atau rumah sakit yang ada dokter giginya saja sudah cukup.


4 comments:

k3 Depnaker said...

salam kenal dok, gigi saya berantakan nih krg perawatan, solusinya gimana skrg?

Toko Gundam Online said...

solusinya ke dokter gigi untuk dilakukan perawatan.. betul ga dok?? hehe salam kenal..

Dian Hasfarika said...

salam kenal juga ^^
untuk perawatannya bisa dilakukan sendiri.
tapi kalo untuk kecantikan, bisa datang ke dokter gigi.

Anonymous said...

@k3 Depnaker
berantakan sih berantakan, tapi nggak nongol di jidat kan? he..he.. , iya... karena masa kecil itu menjadi start awal kesehatan gigi. salam


"Berikanlah komentar yang berkualiatas, karna komentar tersebut mencerminkan kualitas diri anda!"

Post a Comment