Friday, April 1, 2011


Karies Dentis part 2

Kali ini saya ingin membahas pembagian karies. Dalam kehidupan sehari-hari, karies dentis disebut dengan gigi berlobang, gigi berlobang ini akan terasa sangat ngilu dan bisa menyebabkan sakit kepala. Jika kita mengalaminya, sebaiknya cepat lah pergi ke dokter gigi untuk di obati.
Karies dentis dibagi berdasarkan :
1.    Menurut dalamnya kerusakan yang terjadi, di bagi atas :
  • Karies superfisialis, dimana kerusakannya hanya terjadi di lapisan email.
  • Karies media, dimana kerusakannya sudah mencapai dentin.
  • Karies profunda, dimana kerusakannya sudah mendekati jaringan pulpa.
2.    Menurut terjadinya kerusakan di tempat/permukaan yang terkena, di bagi atas :
  • Karies okklusalis, kerusakan terjadi di permukaan atas gigi (okklusal).
  • Karies fisuralis, kerusakan terjadi di permukaan celah(fisura) atas gigi.
  • Karies cervicalis, kerusakan terjadi di leher (bagian yang mendekati gusi) gigi.
  • Karies interdentalis/approximalis, kerusakan terjadi diantara dua buah gigi yang berdekatan.
Berikut gambar-gambar karies yang diambil di berkasnya pak Google
Karies Interdentalis


Karies menurut dalamnya kerusakan.
Keterangan:
Nomor 1 : Karies superfisialis, dimana kerusakannya hanya terjadi di lapisan email.
Nomor 2 : Karies media, dimana kerusakannya sudah mencapai dentin.
Nomor 3 : Karies profunda, dimana kerusakannya sudah mendekati jaringan pulpa.

Jika karies profunda terjadi, gigi akan bolong, ngilu, dan bisa mengeluarkan bau yang tak sedap. Salah satu penyebab bau mulut bisa disebabkan oleh karies profunda ini.

Semoga postingan ini bermanfaat...



Dari berbagai sumber

18 comments:

Rezdown7 said...

Ngomongin masalah gigi
gigi saya lubangya cukup dalam n parah banget.
:(

om dela said...

kasih tau dong... tips untuk mengatasi gigi yang sudah berlubang...hiks hiks

Adrian Rivaldy said...

pengen punya gigi bagus kaya dentis..hehe..komentar balik ya di blogku

soni said...

kunjungan gan.... coment balik ya... :)

Obat Sakit 2011 said...

trims sob pencerahnnya.
karies ini aku baru tahu gan

smile said...

wah jadi ngeri kalo liat orang sakit gigi

assyafieq said...

senyum itu indah tapi gimana kalau kita lagi kena sakit gigi...bisa senyum nggak...

DEDE AZIS NAGARA said...

senyum itu ibadah..tanpa melihat sakit gigi atau gigi nyingsul,,,hehe

Indrazz Afterlife said...

Lebih baik sakit gigi dari pada sakit hati...
wkwkkwkwkw

muhaimin said...

masalah gigi, saya dengar orang kalimantan banyak rusak giginya, karena air agak asam, karena tanah gambut. saya sudah merasakan sendiri selama dikalimantan sering mengeluh sakit gigi . . padahal udah dicopot 2 sekarang lubang lagi. asam akan merusak lapisan email. jadi seperti ini gigi saya ? ? ? ? kurang perwatannya kali hi hi hi

asuransioke said...

artikel bagus , ini bagus banget, tks sheringnya ya ? ditunggu kesedian utk tukar link.....

Justin Bieber said...

Thank you, nice info & usefully post

Julio N. Vogel said...

nice post, visiting you again

ΦΩΤΗΣ ΜΠΑΖΑΚΑΣ said...

I welcome you I desire a cheerful beautiful week. Hugs Fotis. http://fotisbazakas.blogspot.com

Wanzi said...

terima kasih kongsi info

Rumah Siput said...

thanks atas comment nya..
postingan mengenai pencegahannya akan menyusul..
mampir kerumah siput lagi ya ^^

Catherine said...

thanks for sharing this !! :)

Chochay said...

nice blog..


"Berikanlah komentar yang berkualiatas, karna komentar tersebut mencerminkan kualitas diri anda!"

Post a Comment