Thursday, May 5, 2011


Anemia

Anemia adalah kelainan darah yang paling banyak dijumpai, dimana kadar hemoglobin dalam darah mengalami penurunan sampai dibawah kisaran normal menurut usia dan jenis kelamin. Kadar hemoglobin normal bekisar 13 – 16 g/dl untuk pria, 12 – 14 g/dl untuk wanita. Selain penurunan haemoglobin, pada anemia juga terjadi penurunan jumlah sel darah merah (eritrosit). Hemoglobin adalah komponen sel darah merah yang bertugas membawa oksigen dari paru-paru ke jaringan tubuh. Jenis anemia terbanyak dijumpai, yaitu:

Anemia defisiensi zat besi, zat besi merupakan komponen esensial dari hemoglobin, dan kekurangan asupan zat besi dalam makanan mengakibatkan rendahnya kadar hemoglobin dalam darah. Defisiensi zat besi biasanya terjadi pada wanita usia subur, tetapi dapat juga terjadi pada bayi, anak-anak, dan remaja dalam masa pertumbuhan. Gejala anemia defisiensi zat besi berupa pucat dan lelah.

Anemia pernisiosa adalah salah satu jenis anemia dimana terjadi kekurangan substansi (factor instrinsik) yang diperlukan tubuh untuk mengabsorbsi dan mengolah vitamin B12. Anemia ini seringkali bersifat herediter (diturunkan) dan biasanya dialami oleh individu lanjut usia. Gejala anemia pernisiosa antara lain : berkurangnya kemampuan untuk berolahraga, denyut jantung bertambah cepat, luka pada lidah, kehilangan nafsu makan, penurunan berat badan, gangguan daya ingat, gangguan keseimbangan dan gaya berjalan, rasa kebas pada tangan dan kaki.

Anemia defisiensi asam folat ditandai dengan berkurangnya jumlah sel-sel darah merah, dan sel-sel darah merah tersebut berukuran besar (abnormal), atau disebut juga anemia megaloblastik. Diet buruk dan kebiasaan mengkonsumsi alcohol merupakan penyebab terbanyak defisiensi asam folat. Selain itu, defisiensi asam folat juga dapat disebabkan oleh beberapa factor, seperti malabsorbsi dan penggunaan obat-obat tertentu (misalnya antibiotic). Gejala anemia defisiensi asam folat antara lain : penurunan berat badan, diare, dan berkurangnya kemampuan untuk melakukan latihan fisik (berolahraga).


Dari berbagai sumber

19 comments:

Ladida Cafe said...

ternyata anemia ada jenisnya, baru tahu saya, heheee

Gogotaro said...

dulu waktu smp aku lumayan rentan kena anemia yang jenis pertama, kekurangan zat besi. nice info banget. =]

Uuyyeeaahh said...

Bagaimana pencegahannya ya..?
trus, apa bedanya kurang darah dengan darah rendah..?
katanya makan daging kambing bisa tambah darah ya?
a..hi..hi..
nanya mulu..^_^,
sering BW malam bisa bikin kurang darah ga' ya..?

Blogger Bima said...

wahh.. artikel yang sangat bermanfa'at.... thank's yeah

asep canda said...

makasih atas info nya sob berguna banget nih buat kesehatan

Obat Sakit 2011 said...

takut rasanya bila anemia menyerang gan

Obat Sakit 2011 said...

follow done

adam said...

salam kenal..makasih bacaannya semoga berguna bagi kita semua

sinta said...

salam kenal bagus artikelnya

yuliana said...

salam hangat... anemia memang sering mengganggu. dengan artikel ini semoga bisas berguna

asuransioke said...

salam sahabat, terima kasih sudah berkunjung duluan Gan. Ini artikel bermanfaat setelah saya membaca jadi saya mengetahui ttg Anemia, ijin baca ya gan, tks nice post

Dunia Ibadah ( Mas Andri ) said...

saya pernah mempelajari tentang anemia, namun artikel anda lebih mudah untuk saya pahami dan jelas perinciannya, terimakasih sahabat, salam ukhuwah ya.

Rezdown7 said...

nice info kawan...
bermanfaat nih,,nambh2 lmu pengetahuan :)

muhaimin said...

info yang sangat bagus sekali, untung mampir jadi dapat tambahan info . . makasih

Rumah Siput said...

@Uuyyeeaahh anemia dapat di cegah berdasarkan dari penyebabnya, penyebab timbulnya anemia bisa saja disebabkan oleh pola makan kita yang salah dan sembarangan, karena sebagian zat besi berasal dari makanan. contoh makanan yang kaya akan zat besi seperti, daging, makanan laut, sayuran hijau seperti bayam dan brokoli, dan masih banyak lagi. kurang darah = anemia. darah rendah = hipotensi, dimana tekanan darah dibawah 90/60 mmHg, sehingga menyebabkan gejala pusing bahkan pingsan.
semoga bermanfaat jawabannya, terima kasih sudah mampir ke rumah siput ^^

Rumah Siput said...

terima kasih sudah mampir dan tinggalin comment di rumah siput ^^

Rumah Siput said...

@Uuyyeeaahh maap, BW itu apa ya??

Uuyyeeaahh said...

@admin rumah siput, lhaa.. ko' BW nda' tau..???
itu looh.. Blog Walking..^_^

Biru Langit said...

Blog Yang Cantik... :)


"Berikanlah komentar yang berkualiatas, karna komentar tersebut mencerminkan kualitas diri anda!"

Post a Comment