Friday, June 10, 2011


Kanker

Kanker (karsinoma) adalah pembentukan jaringan baru yang abnormal dan bersifat ganas. Suatu kelompok sel dengan mendadak menjadi liar dan memperbanyak diri secara pesat dan terus-menerus. Akibatnya adalah terjadi pembengkakan atau benjolan yang disebut tumor atau neoplasma (neo : baru, plasma : bentukan). Gejala umumnya berupa nyeri yang sangat hebat, penurunan berat badan mendadak, kepenatan total, dan keringat malam.
Ada beberapa factor yang dapat menyebabkan kanker, yaitu:
  1. Factor lingkungan 
  2. Sekitar 80% dari semua kanker yang menerpa manusia diakibatkan oleh pengaruh lingkungan yakni pengaruh zat-zat karsinogen dari luar (exogen). Untuk sisanya dipengaruhi oleh virus dan radiasi. Factor-faktor exogen tersebut berupa :
    • Pengotoran udara oleh gas-gas buangan mobil, pesawat udara, pabrik, dan sebagainya
    • Sinar ultraviolet dari matahari (kanker kulit)
    • Radiasi terlalu sering dengan dosis tinggi oleh sinar-sinar ionisasi yang kaya akan enersi (sinar Röntgen dan radio aktif)
    • Tembakau, merokok bertanggung jawab untuk lebih kurang 30% dari semua kematian akibat kanker.
    • Makanan yang akan kaya akan lemak hewan dan miskin serat nabati.
  3. Factor keturunan
  4. Sejumlah kanker dapat diturunkan, seperti kanker payudara sekitar 10-20%, 40% dari retinoblastoma (tumor mata), dan kanker ginjal pada anak (tumor Wilm’s).
  5. Zat-zat karsinogen
  6. Suatu zat yang dapat mengakibatkan kanker. Ada banyak zat kimiawi yang bersifat karsinogen, seperti merokok yang dapat menyebabkan kanker paru, asbes bisa juga menyebabkan kanker paru. Makanan juga dapat mengandung karsinogen langsung atau setelah berinteraksi dengan zat lain di dalam tubuh. Beberapa zat karsinogen yang berasal dari makanan adalah :
    • Nitrosamine yang terdapat dalam lemak babi dan diuapkan pada proses penggorengan. Di dalam usus zat ini dapat terbentuk sebagai hasil reaksi dari nitrit dan amin (hasil perombakan protein). Pembentukan nitrosamine ini dapat dihindarkan oleh vitamin C
    • Nitrat terdapat banyak dalam sayur mayor, terutama yang dibiakkan dengan pupuk buatan berlebihan, khususnya bayam. Oleh karena itu, bayam sebaiknya dimakan habis setelah diolah. Jika disimpan pada suhu kamar akan cepat membentuk zat nitrit. Nitrat direduksi menjadi nitrit oleh flora usus. Vitamin C (0,5-1g/hari) dapat mencegah bersenyawanya nitrit dengan amin menjadi nitrosamine
    • Benzpiren terdapat pada proses pemanasan daging atau ikan yang dipanggang pada bagian yang hitam (gosong). Sebaiknya makan ikan atau daging yang dipanggang (sate) juga dibarengi dengan sayuran lalapan seperti timun, selada, dan lainnya
    • Asam desoksikholat terbentuk dalam usus pada perombakan kolesterol dan empedu
    • Aflatoksin dibentuk oleh jamur Aspergillus flavus yang berkembang biak pada kacang tanah, kelapa, jagung yang disimpan pada tempat lembab
    • Zat-zat pewarna yang digunakan pada pembuatan kue, sirup, gula-gula dan sebagainya
Pencegahan
  1. Hindari factor pencetus kanker atau makan makanan yang bergizi dan seimbang
  2. Makanlah makanan yang bervariasi agar tubuh memperoleh semua bahan gizi yang diperlukan
  3. Makanlah ikan berlemak (tongkol, sarden, salem) minimal 2x seminggu, karena benyak mengandung lemak omega (EPA, DHA)
  4. Makanlah sayuran dan buah-buahan secukupnya, karena buah dan sayuran mengandung flavonoida yang bersifat antioksidan
  5. Minum air sekurang-kurangnya 2 liter sehari guna memelihara keseimbangan cairan tubuh
  6. Olahraga secara teratu
Sumber: Berbagai sumber

    25 comments:

    Bhima Permana said...

    Terima kasih udah mampir di blog saya,salam kenal ya
    Learn Trading Forex

    ino putro said...

    alhamdulillah saya suka makan ikan,, :p

    lirik lagu said...

    Salam kenal,..klo sempat mampir ya..thank's

    Rezdown7 said...

    sangat berguna artikelnya sob..
    gejala umum dan pencegahannya sangat bermanfaat di artikel ini..
    nambah2 pengetahuan :D
    thanks yah
    ------
    salam sehat sll :D

    Raul said...

    Hi, Thanks for supporting me..i also supporting have a nice day best wishes from Spain

    edinesia said...

    kanker emang salah satu penyakit yang ganas dinegara kita ya gan

    Raul said...

    Thanks for visiting! Have a nice Day

    rino said...

    thx visiting ! C-i-z-z-z You :)

    m-tech said...

    nice to be here...thanks 4 visit,

    Rizky Wardiansyah said...

    wew untuk sya ska ikan ya...
    wkwkwk
    gan visit and followback blog saya ya...
    www.blogcunayz.co.cc
    itung2 silaturahmi :)

    izoel said...

    terimakasih infonya sob, :)

    Terimakasih juga udah berkunjubng ke blog sy :)

    motorcycles said...

    nice website????...mampir gan ??

    Lharaz Angel said...

    Salah satu penyebab kanker juga bisa karena keturunan ya ?? Baru tau nih... :)

    anak nelayan said...

    saya kalo tanggal tua pasti kena kanker ~_~

    REMIX-7 said...

    Bagi Perokok,.. Kurangilah merokok,.. biar nggak kena dua jenis KANKER (KANTONG KERING) Hehehe,.. good news,..

    ze Juq said...

    artikel yang keren dan memberi masukan yang positif untuk menghindari penyakit yang membahayakan ini...tingkatkan gan

    Raul said...

    Happy Monday and all the best. Have a nice day!

    motorcycles said...

    my zodiac is a cancer...?????#$%^

    la-ventana said...

    Hi, Thanks for supporting me..i also supporting have a nice day

    Raul said...

    Happy Wednesday and all the best. Have a nice day!

    ::KNB:: said...

    nice day. for info of vending machine business kindly visit my blog & support. http://goo.gl/ml66T

    motorcycles said...

    visit here....

    Biroe said...

    nice post,..good job

    ordinaryBlog said...

    nice info,sangat bermanfaat, keep blogging!

    adrian said...

    wuih..serem amat ya kalo kita kena kanker..jangan ampe deh..keep posting ya sob..jgn lupa jga komen balik di blogku ya


    "Berikanlah komentar yang berkualiatas, karna komentar tersebut mencerminkan kualitas diri anda!"

    Post a Comment