Saturday, May 14, 2011


Penuaan Kulit

Masalah penuaan kulit
Penuaan pada kulit mencakup dua proses yang berbeda, yaitu :
Intrinsic (proses penuaan alamiah), yang disebabkan oleh gen atau keturunan, berlangsung terus menerus dan ditandai dengan melambatnya produksi kolagen, dan proses peremajaan kulit, juga menurunnya produksi minyak alamiah oleh kulit. Semuannya ini mengakibatkan timbulnya kerut-kerut halus pada kulit, penipisan kulit, hilangnya lemak dibawah kulit, kulit bertambah kering (mungkin disertai rasa gatal). Normalnya proses ini mulai timbul pada usia 20an.

Proses ekstrinsik disebabkan oleh factor lingkungan, seperti pajanan terhadap sinar matahari, atau factor eksternal lainnya seperti gerakan wajah yang sama secara berulang-ulang, gravitasi, posisi tidur, merokok. Kebanyakan proses penuaan dini disebabkan oleh pajanan sinar matahari, gejalanya meliputi flek hiperpigmentasi (noda hitam pada wajah), kerutan – kerutan halus, kulit mengendur, jerawat, dan kanker kulit. Gerakan/mimic wajah yang sama yang dilakukan secara berulang-ulang akan mengakibatkan terbentuknya garis-garis dan kerutan halus pada wajah, sedangkan gaya gravitasi bumi menyebabkan kulit hidung, telinga, kelopak mata terlihat ‘menggantung’. Posisi tidur tengkurap setiap malam selama bertahun-tahun juga lama kelamaan akan mempermudah timbulnya kerutan-kerutan halus pada wajah. Factor lainnya, seperti merokok akan mempercepat timbulnya kerutan pada kulit wajah akibat terganggunya suplai darah disekitar bibir akibat pajanan berulang terhadap panas rokok. Jadi gaya hidup sehat merupakan factor penting dalam memelihara kesehatan kulit.

Untuk memperoleh kulit yang sehat dan kencang, serta mencegah penuaan dini akibat pajanan sinar matahari, sebaiknya lakukan upaya perlindungan terhadap pajanan sinar matahari, antara lain menghindari pajanan sinar matahari mulai pukul 10 pagi hingga pukul 2 siang, dimana pancaran sinar matahari sedang dalam keadaan maksimal. Kenakan pakaian yang tertutup (lengan panjang) jika sedang beraktivitas di luar ruangan pada siang hari. Gunakan krim tabir surya dengan SPF minimal 15 yang dioleskan keseluruh bagian tubuh yang tidak tertutup pakaian, 20 menit sebelum beraktivitas di luar ruangan dan ulangi pemakaian jika kulit berkeringat atau basah terkena air. Jalani hidup sehat, kurangi merokok, olahraga yang cukup, cukup istirahat, banyak makan buah dan sayuran, kendalikan stress, banyak minum air putih (8 gelas sehari). Untuk mengurangi kekeringan pada kulit, gunakan sabun yang bersifat ringan (mild), setelah mandi pakailah lotion ke seluruh tubuh disaat tubuh lembab. Jika Anda bekerja di ruangan ber AC, sebaiknya pergunakan lotion setiap kulit terasa kering.

13 comments:

Wira said...

Saya selalu di lapangan ni..
kena sinar matahari terus.

Terimakasih ya info nya, saya jadi tau ni...

asep canda said...

mantap infonya sob emang mantep kok tuh banyak minum air putih

asuransioke said...

salam persahabatan. ini sebuah artikel menarik ulasannya mudah dimengerti apalagi untuk yang mencari artikel menjaga kesehatan kulit. Mantap

Bengkalis Kota terubuk said...

nice Poss

RezDown7 said...

Alhamdulillah Samapi Saat ini saya gk Ada Panu
n Jangan sampe Ada Deh..,,hehe :D

yeremia said...

Tua bukannya sdh kodrat.. :) Tapi ada banyak cara untuk memperlambatnya yah.. :D

rasyakreebo said...

maka$ih infonya... apalagi $aya adalah $eorang pekerja lapangan yang $elalu berlama lama berada di lapangan,dan $elalu terkena $inar matahari antara jam 10-2 $iang...

Uuyyeeaahh said...

Waah.. bagus nih info N tipsnya..

ONLINE TODAYS said...

mantab$$$ n come$ back fren ;)

Jasa Adsense said...

Sip tipsnya..

lirik lagu said...

Informasi yang sangat bermanfaat gan,, thank infonya

Guusn said...

kunjungan perdana kemari, wah, saya masi muda nih, kalau penuaan kulit, bisa keriput. terima kasih infonya.

REMIX-7 said...

Info yang sangat menarik gan,.. keep posting :-)


"Berikanlah komentar yang berkualiatas, karna komentar tersebut mencerminkan kualitas diri anda!"

Post a Comment